Rabu, 08 Februari 2012

Kenapa Facebook Dilarang di China ?




Kalian pasti tahu facebook kandan saya yakin kalian juga punya facebook, kalau belum punya saya sarankan membuat akun Facebook terlebih dahulu di www.facebook.com. Tapi ternyata ada sebagian besar orang di dunia ini yang tidak mengenal sama sekali apa itu facebook bahkan tidak punya akun facebook. Masa sih..? ya mereka adalah sebagian masyarakat china. Sebelumnya situs YouTube juga telah ditutup oleh pemerintah China pada Maret 2009.

China merupakan negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, lebih dari 350 juta warganya merupakan pengguna internet aktif dan sebagian besar dari mereka berusia kurang dari 25 tahun. Tapi akses facebook mereka ditutupi oleh tembok tebal (firewall) internet yang dipasang oleh pemerintah china sejak Juli 2009. Hanya orang orang tertentu yang menguasai teknologi komputer ataupun para hacker yang bisa membobol firewall tersebut dan bisa masuk facebook.

Lalu kenapa pemerintah China melarang facebook dengan membuat firewall tebal layaknya tembok besar china ?
Tujuan utamanya dalah untuk pertahanan negara. Pemerintah china sangat serius dalam memperketat peraturan soal kebebasan berpendapat, di beberapa negara situs jejaring sosial sangat ampuh untuinik mengkritik pemerintah bahkan menggulingkan pemerintahan, inilah yang tidak diinginkan oleh pemerintah china. Pemerintah juga mempunyai wewenang untuk melarang portal atau situs situs tertentu yang tidak sejalan dan sesuai dengan arah pemerintah. Masyarakat china bukanya senang senang saja dengan kondisi ini, tetapi yang mereka butuhkan adalah peningkatan kesejahteraan walaupun banyak hal yang dibatasi.

Tujuan berikutnya adalah untuk memasksimalkan penggunaan produk lokal bauatan sendiri, semua produk di dunia ini yang laris pasti ada versi china nya. Seperti Handphone China yang sekarang banyak beredar di Indonesia (Mungkin kamu juga punya haha..), sepeda motor china, iPad china , iPhone china,makanan, minuman, mainan anak anak  buatan china (yang katanya mengandung racun) dan lain lain semua ada versi china nya tinggal kalian sebut saja. Hal ini dilakukan supaya masyarakat china hanya mengkonsumsi dan menggunakan produk asli buatan mereka (tapi ya gak kaya gini juga kali kalau menurut saya), termasuk windows versi china berikut ini (tapi gambarnya cuma lelucon ya hehe).


Nah kalau mereka menggunakan produk asli mereka maka tidak akan banyak barang impor kalau sudah begini defisit neraca perdagangan bisa ditekan sampai titik paling rendah. Makanya ekonomi china stabil, rakyatnya makmur dan bisa menyaingi Amerika Serikat.

Termasuk Facebook juga mempunyai versi china nya namanya kalau gak salah "Renren" ada juga "Kaixin001". Renren sangat mirip dengan facebook baik dari segi halaman, desain, layout, juga warnanya (biru - putih) kalau gak percaya buka aja DISINI. dengan demikian bukan berarti masyarakat china tidak  bisa Facebook an karena mereka sudah punya Facebook buatan sendiri dan yang paling penting pemerintah china tidak perlu ngasih duit ke Mark Zuckenberg.













3 komentar:

Ria Riski mengatakan...

lagi ada di china bang?

Agen BandarQ Online mengatakan...

Agen BandarQ
Agen BandarQ Online
BandarQ Online

Syafiry Zulaika mengatakan...

wahhhhh

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting