Senin, 19 Maret 2012

Keterkaitan Peradaban Muslim dengan Buku Luca Pacioli

Pada tahun 1494, seseorang berkebangsaan italia yang bernama Luca Pacioli, menerbitkan buku dengan judul summa de arithmetica, proportioni  et prportionalita (segala sesuatu tentang aritmetika,geometrid an proporsi).
Melalui buku ini, Luca Pacioli dianggap sebagai orang pertama yang menggagassistem buku berpasangan (double entri bookeeping), yaitu sistem buku berpasangan dimana sisi kiri dan sisi kanan atau sisi debet dan sisi kredit harus sama atau seimbang atau dengan kata lain pencatatannya harus dilakukan dua kali (double) yaitu pada kedua sisi.
Sisitem tersebut dianggap sebagai revolusidalam seni pencatatan dalam bidang ekonomi dan bisnis. Akan tetapi banyak pertentangan di kalangan peneliti tentang sejarah akuntansi di dalam buku summa de Arithmetica yang dibuat pacioli, diantaranya adalah :


  • Have (1976) dalam Zaid (2001) beranggapan bahwa perkembangan akuntansi sebagaimana ditulis oleh Luca Pacioli tidaklah terjadi di Republik Italia kuno. Yang terjadi adalah italia mengetahui tentang akuntansi dan ilmu itu sampai pada mereka dari bangsa lain. Dalam buku luca paciolitentang hanyalah bagian dari apa yang ada pada saat itu, yang beredar di antara guru dan murid sekolah aritmetika dan perdagangan. Dengan demikian, Luca Pacioli bukanlah penemu melainkan pencatat terhadap apa yang beredar saat itu.
  • Wolf (1912) dalam Zaid (2001), mengemukakan bahwa pada akhir abad ke-15, eropa sedang terhenti perkembangannya dan tidak dapat diharapkan adanya kemajuan yang berarti dalam metode akuntansi.
  • Heaps (1895) dalam Zaid (2001), mengemukakan bahwa bookkeeping pastilah dipraktikkan pertamakali oleh para pedagang  dan ia beranggapan bahwa mereka berasal dari mesir.
  • Ball (1960) dalam Zaid (2001), menyatakan bahwa buku pacioli didasarkan pada tulisan Leonard of Piza,  orang eropa pertama kali menrjemahkan buku Aljabar yang ditulis dalam bahasa arab, uang berisikan dasar-dasar bookkeeping.
Dalam sejarah Islam, lebih satu abad sebelum buku luca pacioli diterbitkan,  telah ada manuskrip tentang akuntansi yang ditulis oleh Abdullah bin Muhammad bin Kiyah Al Mazindarani  dengan judul Risalah Falakiyah Kitab As Siyaqaat pada tahun 1363 M. Beberapa kaidah dalam manuskrip tersebut yang terkait dengan praktik double entry adalah sebagai berikut:
  • Harus mencatat pemasukan di halaman sebelah kanan dengan menncatat sumber-sumberpemasukan tersebut.
  • Hasrus mencatat pengeluaran di halaman sebelah kiri dan menjelaskan pengeluaran pengeluarantersebut 
Beberapa ahli sejarah barat menyimpulkan bahwa masyarakat uang dimaksud oleh Luca Pacioli dalam bukunya adalah  masyarakat dan bahkan pemerintah italia. Pendapat ini dipandang bertentangan dengan fakta terkait mengenai tidak operasionalnya angka romawi untuk digunakan Dalam praktik akuntansi yang sedemikian maju. Sementara, masyarakat muslim pada saat itu telah mengembangkan penggunaan angka nol, yang kemudian disebut dalam dunia akademik sebgai angka arab,mengembangkan berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.  Salah satu ilmu pada saat itu yangpaling menonjol adalah ilmu matematika yang dikenal dengan bidang aljabar.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting